selamat datang dengan editor rich text kami

DISINI SAYA MENYEDIAKAN TULISAN-TULISAN YANG BERASAL DARI PENGALAMAN HIDUP.SEMOGA BERMANFAAT

Jumat, 18 Juni 2010

Pendidikan dan Pembinaan islam

kembangan akal ini .
1.Pendahuluan
   Salah satu keutamaan islam bagi ummat manusia adalah adanya system yang paripurna dan konsysten didalam membina mental,melahirkan generasi,membina ummat dan budaya,serta memberlakukan prinsip-prinsip kemuliaan dan peradaban.Semua dimaksudkan untuk merubah manusia dari kegelap-an syirik,kebodohan,kesesatan dan kekacauan menuju cahaya tauhid,ilmu,hidayah dan kemantapan

   Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari allah,dan kitab yang menerangkan.Dengan kitab itulah allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhoaannya kejalan-jalan keselamatan,dan(dengan kitab itu pula) allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizinnya menunjuki mereka kejalan yang lurus(Q.S 5:15-16)

kesempurnaan islam terlihat pula dalam system pendidikan rasulullah  dalam mendidik para sahabat yang telah menghasilkan generasi yang tak ada duanya.Generasi yang disebut-sebut sebagai generasi terbaik yang pernah muncul di muka bumi ini.Tak ada yang mampu menandinginya baiksebelum dan sesudah sahabat tersebut.

Namun bukan berarti sepeninggal rasulullah,kita tak akan merasakan dan tak mampu melaksanakan pendidikan islam.Sebab beliau telah meninggalkan  dua kurikulum yang dapat kita pakai acuan dalam mendidik manusia,yakni al qur`an dan as-sunnah. 

2.Renungan merosotnya pendidikan masa kini
    "Sesungguhnya allah telah memberi karunia epada orang-orang yang beriman ketika allah mengiutus diantara mereka seorang rasul dari golonga mereka sendiri yang membacakan kepada mereka ayat-ayat allah membersihkan (jiwa) mereka,dan mengajarkan kepada mereka alkitab dan al hikmah.Dan sesungguhnya  sebelum kedatangan nabi itu,mereka adalh benar_benar dalam kesesatan yang nyata."(QS.Ali imran:164).
Menurut teks diatas,bahwa manusia berpotensi untuk tersesat dari kehidupan yang sebenarnya.Mereka idup tanpa konsep yang benar dan tanpa arah.Sehingga allah mengutus seorang rasul untuk menghantarkan manusia kepada petunjuk  dan hidup yang terarah.

3.Karakteristik pendidikan islam 
 a.Pendidikan keimanan(Akidah)
    Yang dimaksud pendidikan iman adalah mengikat individu dengan dasar-dasar iman,rukun-rukun islam dan dasar-dasar syari`ah islamiyah.Metode pendidikan ini adalah menumbuhkan pemahaman terhadap dasar-dasar keimanan dan ajaran islam yang berdasarkan kepada wasiat-wasiat Rasulullah SAW,dan petunjuknya.

b.Pendidikan Moral
  Maksud pendidikanh moral adalah pendidikan mengenai dasar-dasar moral dan keutamaan perangai,tabiat yang harus dimiliki dan di jadikan kebiasaan oleh individu sejak masa analisa hingga ia menjadi seorang mukallaf,pemuda yang mengarungi lautan kehidupan.
Tidak diragukan lagi bahwa keutamaan moral ,perangai dan tabi`at merupakan salah satu buah keimanan yang mendalam,dan perkembangan reluigius yang benar.

c.Pendidikan Fisik
    Islam mendidik umatnya dengan memberikan rangsangan yang baik sebagaimana dalam sabda Rasulullah Saw:"Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih di cintai daripada mukmin yang lemah." Islam yang mengajarkan aturan-aturan yang sehat dalam makan,minum,dan tidur.Mendidik untuk menjaga kesehatannya,dengan selalu menganjurkan olahraga dan menjauhkan diri dari penyebab-penyebab kelemahan.

d.Pendidikan intelektual
   Maksud pendidikan intelektual adalah pembentukan dan pembinaan berfikir individu dengan segala sesuatu yang bermanfaat,ilmu pengetahuan,hukum,peradaban ilmiah dan modernisme serta kesadaran berfikir serta berbudaya.Dengan demikian ilmu ,rasio dan peradaban individu tersebut benar-benar dapat dibina.
 Akal adalah kekuatan manusia yang paling besar  dan merupakan pemberian allah yang paling berharga.Dan Alquràn memberikan perhatian yang sangat besar terhadap perkembangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar